Air Terjun Tumpak Sewu (110-120 meter)

Air terjun tertinggi di Indonesia

Air Terjun Tumpak Sewu (110-120 meter)

Air Terjun Tumpak Sewu yang informasi ketinggiannya masih simpang siur. Ada yang bilang 110 meter, 120 meter, bahkan sampai 180 meter. Namun, ketinggian air terjun yang paling umum diterima adalah 120 meter. Merdeka77

Tumpak Sewu atau Air Terjun Coban Sewu adalah air terjun bertingkat. Bentuknya yang unik dan langka membuatnya dikenal sebagai “Niagaranya Indonesia”. Lokasi air terjun tertinggi di Indonesia ini berada di perbatasan Malang-Lumajang Jawa Timur dan memiliki formasi unik berupa aliran air yang terlihat seperti tirai. Air Terjun Tumpak Sewu memiliki mata air alami dari Gunung Semeru. Nama Tumpak Sewu berarti air terjun yang bisa mencapai ribuan.

Meskipun diberi nama “sewu’ atau seribu, tetapi tidak berarti bahwa itu benar-benar mencapai seribu. Dengan kata lain, air terjun ini merupakan gabungan dari banyak air terjun yang ada, sehingga terlihat sangat menarik. Oleh sebab itu, tidak mengherankan, jika air tampak mengembang, seperti tirai berlapis-lapis. Airnya mengalir dan jatuh di lembah terjal yang memanjang hingga ketinggian 500 meter di atas permukaan laut atau sekitar 120 meter.

Komentar

Postingan Populer